Signature doesn’t matter

Masa iya dengan tanda tangan masa depan kita bisa diramal?
Disela pelatihan akhir bulan lalu, gak sengaja pak Yusuf, peserta dari Purwokerto melihat tanda tangan saya di cover materi pelatihan (biasa kan, ditandatangani dan dikasih nama). Pak Yusuf menyodorkan selembar kertas lagi untuk saya tanda tangani. Ow, serasa artis deh dimintain tanda tangan. Bapak itu mau meramal dengan melihat tanda tangan saya.
“Kamu itu orangnya tertutup yah…Jalan hidup kamu itu berliku dan banyak rintangannya…Sepertinya lagi banyak masalah…Banyak sekali yang kamu pikirkan saat ini…Tapi masa depan kamu nanti bagus kok”.
Saya melongo aja. Hormati orang tua iya, tapi sebel juga dibilang lagi banyak masalah. Masa sih? Rasanya saya fine-fine aja.
Gak bermaksud protes, tapi saya bilang begini. “Saya gak tertutup kok, pak. Lagian kita kan baru kenal, pak. Ini sih casingnya aja heheh…Gini loh, pak. Saya itu kalo baru kenal orang emang pendiam. Yah namanya makhluk idup kan perlu beradaptasi. Tapi kalo udah kenal dekat saya ini cerewet loh, pak. Dan kalo menurut saya yah pak, hal-hal apapun yang ada dan kita alami dalam hidup, kan ada yang perlu diceritain dan ada yang gak perlu diceritain ke orang. Ada privasi dan batasannya gitu”.
Saya dan pak Yusuf bicara dengan volume yang kecil. Soalnya sambil dengar materi pelatihan. Gak sopan.
“Bapak kok bilang saya banyak masalah? Gak ada masalah tuh, pak”
“Tapi kamu pasti ada masalah”
Loh, orang gak ada masalah kok dipaksa punya masalah? Gimana sih pak Yusuf ini. Aneh.
“Bisa keliatan kok dari tanda tangan kamu ini” sambil nunjuk ke tanda tangan saya.
Oalah, jadi karena tanda tangan saya yang panjang dan banyak garisnya maka itu banyak masalahnya? Hahah…
Saya jelasin, kalo tanda tangan saya itu sama sekali gak ada artinya. Panjang begitu cuma untuk meringkas nama panjang saya dalam bentuk tanda tangan. Garis yang berulang itu cuma ciri kita dulu yang kuliah di jurusan Arsitektur. Gak lebih. Mending tanda tangan saya, ada tanda tangan dosen saya yang njelimet minta ampun. Banyak garisnya, ada lingkaran dan segitiganya. Jadi gak bisa dipalsuin heheh…
Jadi menurut saya sih, saya gak begitu percaya dengan ramalan. Kalo yang baik, okeh mungkin bisa dipertimbangkan sekaligus menyenangkan hati. Tapi kalo yang buruk, gak mau percaya deh. Bikin gak enak hati huhuh…

10 comments:

awi said...

Hi Try, tuh orang pinter ngeramal tanda tangan ya? tapi kayaknya ramalannya kagak sesuai kenyataan. atau dia lagi pendekatan ke kamu :P

Poppus said...

Hai try. Membaca tanda tangan itu memang ada ilmunya, namanya Graphologi, dan ini jadi salah satu pelajaran di psikologi. Waktu adekku dapet mata kuliah ini juga dia langsung tuh menganalisa tanda tangan semua orang rumah heheheheh. Katanya kecendrungan atau sifat kita memang terlihat dari bentuk tanda tangan

Anonymous said...

Signature matters jeung, om gw pernah disuruh latihan tanda tangan dan menghadap manager bank karena tanda tangannya ga sama ama yg ada dibuku tabungan...kekekek :D tai klo ramalan gitu...ga usah dipercaya. Semua orang kan emang punya masalah, mau ttd-nya panjang atau pendek :-D

try said...

> awi : Gak tau tuh bisa meramal atau asal aja.Pendekatan? gak doyan orang tua, say hihih..
> brokoli sehat : Oh baru tau kalo ada ilmunya, jeng.Kalo untuk mengetahui kecenderungan sifat sih asyik aja, tapi kalo dipake buat meramal kayak kurang kerjaan aja :D
> indira : hehe..kalo masalah finance sih iya. soal duit bo.Iya jeung, mau tanda tangan panjang ato pendek, mo punya masalah ato gak, gak penting aja kali yah huhuh..;D

Anonymous said...

Waaaa....baru sadar akyu salah ketik jeung..tar disangka mengumpat...koreksi ya:
baris ketiga dari atas, kata TAI seharusnya TAPI ...mohon dimaafkan :)

try said...

> indira : no worries, say heheh..iya dimaafkan kok. tapi hukumannya push up 100x hihih..

Anonymous said...

percaya nda jeung try,daku sudah 3 kali ganti tanda tangan,9ara2 diprotes sama kakakQ,katanya njilemt ttdnya,ya wes tak ganti,sekaran9 nyaman sama y9 inih[manah?nda kelihatan yakh hehe] hasilnya ya nda tau..heheh..
tapi ada perubahan dlm pribadi seeh skr9 jd lebih lembut[lah dulu?gradakan heheheh]....


tapi nda pa2 just for fun sajalah klu ramal meramal mah..:)

try said...

hehe..saya dah 5x gonta ganti sejak SD, say :D
kalo tanda tangan bisa mempengaruhi kepribadian, pribadi saya seperti apa ya? jadi bingung heheh..

Diah Alsa said...

weeekkzz,, gitu toh critanya?? :P
btw ttd ku so simple, jadi apa mi katanya artinya di?? :D

try said...

berarti kamu orangnya simple dong :p