perubahan membawa rasa syukur

Di beberapa sudut di kota tempat kelahiran saya ini, saya melihat baliho-baliho para Calon Legislatif (Caleg) terpasang dengan indah. Semuanya indah. Senyuman, kostum parpol, sampai kata-kata penggugah hati massa. Beberapa orang akan kagum, dan beberapa orang akan sinis.

Diantara baliho itu saya melihat 3 orang Caleg adalah teman-teman semasa sekolah dulu. Si A adalah teman SD. Si B dan C adalah teman SMA.

Melihat mereka berlomba ikut menjadi Caleg bukanlah merupakan hal yang mustahil di zaman sekarang ini. Zaman dimana kebebasan berpolitik sudah menjadi seperti permainan.

Saya tidak iri. Justru saya kagum dengan mereka (tapi tidak berarti saya suka dengan politik). Mereka yang semasa sekolah dulu adalah anak sekolah yang hanya punya kemampuan rata-rata, sekarang telah menjadi kebanggaan. Kebanggan untuk keluarga, parpolnya, maupun diri mereka sendiri.

Saya lantas terenyuh dan bertanya. Sampai dimana kemajuan saya selama ini? Hal apa yang bisa membuat keluarga bangga atau paling tidak membuat saya bangga terhadap diri sendiri?

Ini tidak membuat saya sedih. Saya tahu, saya sedang mengamati apa yang disebut perubahan. Satu hal paling alami yang semua orang akan mengalaminya. Sebuah hal tunggal yang menjadi awal dan akhir masalah tanpa kecuali. Hari ini hidup saya baik-baik saja. Tapi mungkin besok saya tidak akan baik-baik saja. Begitu terus atau sebaliknya. Selalu ada siklus perubahan di dalam hidup. Mungkin inilah yang disebut bahwa hidup itu tidak dapat diprediksi.

Benar kata orang bijak bahwa perubahan adalah satu-satunya yang pasti dalam hidup. Meskipun demikian kita tidak lantas pasrah dengan perubahan itu.

Tuhan tidak menciptakan makhluknya dengan sia-sia. Yakinlah bahwa ada potensi disetiap diri kita. Mungkin Tuhan tidak ingin saya menjadi ini karena lebih baik jika menjadi itu. Mungkin Tuhan ingin saya melakukan ini karena lebih baik jika tidak melakukan itu. Kita berada di porsi masing-masing.

Karena perubahan adalah satu hal yang pasti, maka jika kita ingin mengalir di dalam hidup, kuncinya adalah menerima bahwa perubahan itu selalu ada. Berubah ke arah mana pun dan kapan pun juga. Semakin kita menerima bahwa perubahan itu pasti ada, maka semakin mudah kita mengalir dengan hidup.

Saya tahu walaupun ini terdengar sulit, tapi hal positif yang membuat saya bangga adalah saya bersyukur dengan apa yang telah saya raih selama ini. Bersyukur saya mempunyai kehidupan yang baik. Terus bersyukur bahwa saya memiliki pekerjaan yang baik. Bersyukur saya bekerja dengan cinta, tidak bekerja di bawah tekanan. Saya bersyukur karena saat ini tidak termasuk di dalam 9,43 juta jiwa pengangguran yang ada di Indonesia. There is always silver lining for everything.

7 comments:

awi said...

yap try bener banget, hidup terasa lebih ringan kalo kita menerima apa adanya diri kita dan yg telah kita capai hinng hari ini. btw hebat juga ya temen2 sekolahmu pada jadi caleg, thanks untuk postingan yg indah ini

Anonymous said...

setuju say, bersyukur dengan apa yg sudah kita raih dan terus berusaha jadi lebih baik. Di bali juga banyak banget baliho caleg.....sebanyak itu tak satupun temanku..... :D

Anonymous said...

Selamat ya untuk tidak ikut menjadi Caleg.... berbuat baik untuk rakyat dan bangsa tidak harus menjadi caleg toh!... lucu kan kalo semua jadi caleg... kita bisa berjuang dari dan di posisi masing-masing kita sekarang..

Anonymous said...

Bersyukur adalah kunci dari semua kebahgiaan mbak Try. Sesekali memandang keatas untuk memotivasi diri dan sering-sering memandang kebawah agar bisa lebih bersyukur. Thanks

Anonymous said...

setuju banget. klo kita selalu bersyukur dalam segala hal, semua jadi semakin indah dan mudah dijalani dan saat seseorang bisa bekerja dengan cinta dan enjoy kerna ga merasa ada di bawah tekanan itu satu hal yang amat sangat patut disyukuri kerna ga semua orang diberi kemampuan buat merasakan kenikmatan itu loh..
tetap semangat dan tetap bersyukur dalam segala hal!
be blessed!

Anonymous said...

yupz jeun9 bersyukur karna kita bisa hidup tanpa merepotkan oran9 tua la9i
dan bersyukur karna kita amsih bernafas sehin99a bisa salin9 berba9i..;)

dan aku bersyukur bisa berkenalan dan berteman den9anmu jeun9..:)


perubahan ini meyakinkan aku bahwa tak ada yan9 abadi.....*nyanyi*
[jikustik son9"perubahan"]

Anonymous said...

"Saya bangga adalah saya bersyukur", this is the most strength of yours really. Not everyone has the capacity to always be thankful. Best luck