Festival Perairan Pulau Makassar

Masih dalam rangkaian jalan-jalan saya ke pulau Buton, saya ikut menyaksikan Festival Perairan Pulau Makassar pada tanggal 19-20 Juli. Konon kenapa namanya pulau Makassar, karena di perairan itu pernah terjadi peperangan antar Kerajaan Gowa dan Kerajaan Buton. Dan banyak prajurit Gowa (Makassar) yang mati di laut itu. Pulau Makassar berada diseberang kota Bau-bau, ± 2,5 km melintasi laut. Wuih, asyik loh kalo nyebrang naik kapal kecil (katinting). Karang-karang lautnya masih keliatan. Biru dan jernih.
Di mana-mana udah dipasang spanduk-spanduk untuk ikut memeriahkan Festival Perairan Pulau Makassar ini. Sepertinya Pemkot Bau-bau benar-benar mempersiapkan Festival ini dengan matang.

Jam 8 pagi saya udah keluar rumah menuju tempat finish lomba renang di pantai Kokalukuna, ± 8 km dari kota Bau-bau. Pantai yang menjadi muara sungai ini sudah dipadati masyarakat Bau-bau yang ingin menyaksikan lomba renang tradisional. Oh iya, selain lomba renang tradisonal, ada juga lomba perahu naga dan lomba sampan tradisional. Disediakan juga jet ski, flying fish, banana boat dan snorkel yang boleh digunakan siapa saja. Gratis.
Lomba renang tradisional diikuti 200 peserta. Gak hanya orang-orang dari kota Bau-bau yang ikut. Peserta dari Kendari juga ada. Jarak yang ditempuh renang tradisonal ini sepanjang 2,3 km. Hueks, jauh banget. Saya gak mampu deh. Udah gitu harus melintasi arus laut yang lumayan kencang. Makanya sebelum mengikuti lomba ini, peserta harus ikut tes kesehatan dulu. Kalo peserta ada yang udah gak mampu di tengah lintasan, harus mengangkat tangan supaya segera diberi pelampung.
Pemenang lomba renang ini untuk putra dan putri adalah peserta dari kota Kendari. Usianya masih muda loh. Yang putra berusia 15 tahun, yang putri berusia 11 tahun. Wah, kalah deh heheh...oh ya, ada juga satu bule yang ikut, dia menang diurutan 27. Peserta termuda laki-laki berusia 9 tahun. Ih, masih imut. Kasian loh, abis renang langsung dikompres pake air hangat. Soalnya dia udah gemetaran kedinginan. Tapi anak kecil ini hebat, bisa berada diurutan 16.

Dari pantai Kokalukuna saya menuju ke bukit Kolema, tempat finish lomba sampan tradisional dan lomba perahu naga. Kita hanya bisa nonton dari bukitnya, soalnya di bawah jurang bo. Syukurlah Pemkot setempat udah mempersiapkan Festival ini dengan baik. Jadi di bukit ini dibuat pelataran yang berundak-undak. Bagus banget. Kita bisa melihat pelabuhan laut dan kota Bau-bau.
Btw nih, ada yang menarik yang saya rasa selama lomba-lomba dan kegiatan yang melibatkan laut dan laut ini. Selama lomba dan kegiatan dari pagi sampai sore, cuaca nampaknya sangat bersahabat. Langit masih biru, awan berwarna abu-abu tapi gak hujan bahkan gerimis pun gak ada, angin bertiup, dan gak ada matahari terik di siang hari. Bener-bener enjoy dan gak kepanasan deh. Apa pawang cuacanya yang berhasil ya?
Saya balik ke rumah jam 11 teng. Istirahat selama 2,5 jam, trus saya bareng teman-teman nyebrang ke Pulau Makassar. Niatnya mo naik katinting saja, tapi waktu kita nyampe, yang ada hanya speedboat kecil. Cuma bayar 5000 perak (daripada berenang), kita udah nyampe di Pantai Lakorapu dalam waktu 10 menit.

Sayangnya acara makan ikan bakar gratis udah selesai. Ehm, tapi karena saya punya teman dan keluarga yang jadi panitia, saya dapat makanan ini nih. Ini makanan tradisionalnya. Dari jagung dan kacang merah. Kalo gak salah namanya kapusu (?). Kalo yang teri itu namanya kahuleo. Ikan terinya itu dimasak dengan cara diasapkan. Biasanya dijual di pasar dalam keadaan udah diasapkan. Jadi tinggal ditumis atau dimasak santan saja. Enak, saya suka ikan teri ini. Tadinya piring saya penuh loh *rakus mode on :D, udah makan separuh baru ingat kalo harus difoto. Sluurp, dapat ikan bakar juga.

Di pantai udah disediakan jet ski, boat dan flying fishnya, banana boat dan alat snorkel. Sayang banget saya gak bisa ikut bersnorkel dan berdiving ria. Ada sih alatnya, tapi celingak-celinguk gak ada si empunya *mo minjem maksudnya. Ternyata waktu liat di tengah laut ada 3 biji kepala di permukaan laut. Pasti itu para diver. Hih, takut ah kalo turun ke laut sendirian. Peraturan pertama kalo diving : minimal harus 3 orang atau lebih kalo mo nyelam. Ya udah, saya akhirnya gabung sama anak-anak (orang) berbanana boat. Itung-itung mengobati masa kecil yang kurang bahagia di laut Hahah… :))

Ugh, saya ngeces waktu liat jet ski dan flying fishnya. Tapi dasar Indonesia, di mana-mana nepotisme tetap aja ada. Yang naik malah si bos-bos berperut gendut, istri dan anak-anaknya. Huh, tunggu aja nanti, kalo saya udah jadi Wali Kota, saya akan beli 10 biji jet ski…tapi dari kayu Heheh… ;))

Ow iya, ada pak Yusril Ihza Mahendra loh. Saya gak mau salaman, ntar dia jatuh cinta sama saya lagi. Gak mau dipoligami ah Hihihih…;)) Cameranya keren bo! Kapan ya bisa punya kek gitu *ngarep mode on.

Akhirnya jam 5 sore kita kembali ke kota Bau-bau. Cuapek. Tapi jalan-jalan dan menikmati event ini bikin saya senang. Puas deh. Dengar-dengar sih Festival ini bakal diadakan setiap tahun. Kamu mau ikut saya tahun depan? ;)

12 comments:

dhie said...

Hai....

Pengen ke Makassar lagi.iiii.......

.:diah:. said...

naahh tuuh kan, sa bilang memang jii. coba ajak-ajak, pasti bisa berdiving ria *ajak lagi 1 orang ;))

cuiitt cuiittt.... sapa kah itu no.1?? itu kah?? :-?

ani wolio said...

koreksi :
makanan yang dari jagung + kacang merah namanya kapusunosu. trus ikan teri diasapin itu kaholeo;)
btw, ada pak yusril ya? sa fans berat sama dia, walopun dia menikah sama daun muda;)

try said...

> dhie : dyuuh, beda makassar dengan pulau makassar, pak.
> diah : no.1 itu juara lomba renangnya, say.
> ani : thanks koreksinya, ni. maklum lidah inggris ;p
pak yusril aslinya cakep loh.

pia said...

jadi ingat kampung..ikut pi!!!
walopun kampungku bukan buton (pi raha), tapi ndapapa ji kalo sa di ajak juga (tahun depan), kan bisa tinggal loncat ke raha, hehehe..:)

1nd1r4 said...

Wah asyik nich jalan2nya, mau juga kesana someday someway :-)

awi said...

wah Try asik banget tuh festival airnya, ketemu pejabat lagi, thanks ya untuk gambar2 indahnya, ikannya itu bikin aku laper deh

try said...

> pia : ayo ikut tahun depan, pi! boleh ntar loncat ke Raha, asal jangan loncat ke laut kekekeh...
> indira : ayo ke sini jalan2, in.
> awi : u're welcome. Iya, asyik loh,Wi.

ChaL said...

wah, acaranya rame ya...tapi kurang promo kyknya,
gag ada promonya di makassar, setahu sayaaa...

indo said...

Mampir ke Makasar deh kalau pas lagi pulang ke Indonesia...:)

wi3nd said...

heheheh..nabun9 dulu kalee jeung try..:)
tapi seperti sayah tidak bisa ikut hehhe...senengnya yang bisa jalan2...

try said...

> chal : iya, kurang promo ya. Promonya cuma di Prov.Sultra aja kayaknya.
> indo : hihi..pulau Makassar beda dengan Makassar, mas :D
> wi3nd : gak papa ,jeng. Yang penting kamu ikut senang aja deh ;p